Halaman

Senin, 31 Mei 2010

Mengganti Ekstensi File Menggunakan REGEDIT (Bagian 2)

Bismillahirahmanirrahim....
Akhirnya, Ada kesempatan juga mau nge-update ini blog.... O y, posting ini merupakan lanjutan dari posting sebelumnya. Lho, kok bisa...??? Haha.... Yaeala, kan bisa dilihat dari judulnya yang sama.... he2... 

Oke lah kalo begitu, ga usah basa-basi lagi... (Ntar, hilang basanya tinggal basinya lagi.... wekekekek....) Langsung saja kita mulai step by step  bagaimana mengganti ekstensi file menggunakan bantuan regedit.
  1. Klik Start-Run. ketikkan regedit pada kotak dialog yang muncul. 
  2. Misalkan kita akan mengganti ekstensi file jenis Ms.Word, maka kita akan masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT\.doc. Klik kanan key .doc pilih Export-Save. Key yang kita export tesebut, akan disimpan menjadi sebuah file baru dengan ekstensi .reg. (Misal, apaaja.reg)
  3. Klik kanan file apaaja.reg, pilih Edit. File tersebut akan dibuka pada Notepad. 
  4. Ganti semua ekstensi .doc (Ingat .doc dengan tanda 'titik'....) yang ada pada file tersebut menjadi ekstensi yang kita inginkan. Misalkan saja, .abc (Terserah anda... ) Simpan File dengan menekan tombol kombinasi ctrl+s pada keyboard.
OK..!!! Sekarang silahkan anda cari file word yang akan dijadikan korban.....he2.. Seleksi file, tekan f2 pada keyboard, ganti ekstensi file .doc tersebut  menjadi .abc (atau terserah dengan selera anda...), tekan Enter atau pilih Yes pada kotak dialog konfirmasi yang muncul. Operasi penggantian ekstensi file selesai dilakukan....... !!!!

WARNING...!!!
Jika penggantian ekstensi file ini sukses, maka icon file korban tidak akan berubah. Namun, andaipun icon file berubah, bukan berarti operasi kita ngga'  berhasil lho....  Sebab, jika kita Double-click, file korban tersebut secara otomatis akan tetap dibuka dengan Ms. Word.
Nah, simple n' guampang banget kan.... Selamat mencoba.... Semoga sukses....

    2 komentar:

    1. yg pnting jngan d pake ngrusak komputer orang...
      jdi kacau klu smua file d ganti ekstensinya... :D

      BalasHapus
    2. Hmm... ngak mungkin bisa buat ngerusak mas Ifin.. paling2 cuman buat ngacak2 aja..... huehehe....

      BalasHapus

    Silahkan tuliskan komentar anda di sini. Kritik dan saran juga admin tunggu.... Terima kasih...^_^