Minggu, 23 Mei 2010

Mengganti Ekstensi File Menggunakan REGEDIT

Mau  buat posting kok Muales buanget ya.... :-( 
Mmm.... Sekarang mau ngapain ya..??? Oh iya.. (mau cerita....he2..) Beberapa waktu yang lalu saya baca-baca buku. Wah, ternyata nemu tema yang menarik yaitu REGISTRY WINDOWS. Ternyata, Registry windows (selanjutnya bakalan diketik RW) ini, mempunyai efek yang dahsyat lho... Salah satunya, bisa digunakan untuk mengganti ekstensi file. Misalnya saja, ekstensi file jenis gambar yang seharusnya .jpg bisa diganti menjadi .aku, .aji, .oke de-el-el.... (pkoknya terserah kita dech....) Nah, yang jadi masalahnya sekarang, RW itu apa sich...??? Berhubung saya lagi males ngetik, silahkan temen-temen baca artikel yang saya ambil dari http://yanuar-basketball.blogspot.com/. Cekidot.....!!!! (he2...)

Regedit atau yang biasa kita sebut dengan Registry Windows adalah pusat database untuk pengaturan konfigurasi aplikasi dan informasi lainnya yang diperlukan oleh aplikasi. Dan semua pengaturan tersebut diatur dalam bentuk key. di dalam registry kita bisa melakukan tiga hal yaitu: membaca, menulis dan menghapus.
Kita dapat menjalankan registry dengan cara menuliskan regedit pada menu run.
Class registry adalah kumpulan dari key-key yang terdapat di bawahnya dimana key-key tersebut ditempatkan pada class yang sesuai dengan fungsi key tersebut.
Di dalam registry terdapat enam buah member class. Berikut adalah jenis member class dan fungsi dari class tersebut.
  1. HKEY_CLASSES_ROOT - cabang ini berisi pemetaan dari semua file-file assosiasi anda, yang digunakan untuk mensupport feature drag-and-drop, informasi OLE, shortcut window, dan aspek inti dari user interface windows.
  2. HKEY_CURRENT_USER - cabang ini nge-link dengan seksi HKEY_USERS yang sedang login pada PC dan berisi informasi seperti nama login, setting desktop, dan setting start menu.
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE - cabang ini berisi informasi spesifik dari komputer, misalnya tentang tipe hardware, software, dan preferences lain, informasi ini digunakan untuk semua user yang login pada komputer tersebut.
  4. HKEY_USERS
    - cabang ini berisi individual preferences untuk tiap user pada komputer tersebut, tiap user direpresentasikan dengan sub-key SID yang terletak dibawah cabang utama.
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG - cabang ini nge-link dengan seksi dari HKEY_LOCAL_MACHINE untuk konfigurasi h/w yang bersesuaian.
  6. HKEY_DYN_DATA - cabang ini menunjuk pada bagian dari HKEY_LOCAL_MACHINE. Untuk user yang memanfaatkan feature plug-&-play, seksi ini bersifat dinamis dan akan berganti seiring dengan ditambahkannya atau dicopotnya suatu device pada system. 
Ok..!! Sebenarnya saya ingin posting tentang bagaimana cara mengganti ekstensi file tersebut. Tapi, berhubung saya lagi males ngetik (alesan....), jadi postingnya saya tunda.... he2.... Jadi, gmana nich pak...???
Ya, apa boleh buat, terpaksa harus To Be Continued ke posting berikutnya.... :-(
M'f yaa....... ^_^
Bersambung....

3 komentar:

  1. halah ngomong opo to ji.. ji... wakaka

    BalasHapus
  2. wah gitu ya triknya mau coba juga

    BalasHapus
  3. kang ifin>> wehehehe.... ga tau jga ngmong apa. cz, waktu posting kan udan malem... jadi ngantuk..... (campur ngelindur.... )

    Mr. Artha>> Mm... triknya belum di posting... itu cuman pendahuluan ttg RW kok.... he2...

    thx dah mw berkunjung n ksih comment.... :D

    BalasHapus

Silahkan tuliskan komentar anda di sini. Kritik dan saran juga admin tunggu.... Terima kasih...^_^